applauded at gondangdia station

masih membahas perjalanan bareng shafiyyah nih. perjalanan bareng dia ke kemensos bukanlah perjalanan pertama kami berdua. sebulan sebelumnya, kami juga pernah pergi berdua ke jakarta.

well, sebenarnya bukan berdua sih. tapi, bertiga. konteksnya waktu itu nganterin ibu saya ke stasiun gambir. perjalanan berangkatnya sih tidak ada kendala berarti. karena kami berangkatnya sore (kereta ibu saya berangkat dari gambir jam 9 malam. namun, kami memutuskan untuk berangkat sore, biar saya dan shafiyyah gak kemaleman sampe ke rumah), shafiyyah tidur di pelukan saya. mungkin karena sepanjang siang itu dia gak tidur siang karena dipenuhi antusiasme mau pergi sama saya. alhasil, pas naek kereta tinggal capeknya doang.

Gojek
gojek. membantu konektivitas rakyat indonesia since i don’t know when | sumber gambar dari google images

masalah mulai muncul saat kami pamit sama ibu saya untuk pulang. pas mau naek grab, tiba” dia mengeluh sakit perut. pengen pup. alhasil saya gendong dia dan lari ke kamar mandi. alhamdulillahnya kamar mandinya gak pake ngantre. fiuh, satu masalah teratasi.

lalu, pas kami menunggu gojek datang, rupanya pengendaranya wanita! oalah, saya sudah feeling gak enak aja nih kalo drivernya wanita. seringnya gak ngerti jalan. maaf ya buat semua driver wanita….

dan bener juga. pas kami bertiga udah di motor, tiba” dia nanya, “ini lewat mana ya, pak, ke gondangdia?”. karena hari sudah sore dan saya pengen cepet sampe ke rumah, saya berinisiatif untuk mengambil alih kemudi. jadilah, saya yang nyetir saat itu dari gambir ke gondangdia. shafiyyah mah anteng” aja di tengah. lagi jalan” di jakarta ini. hehehe

setibanya kami di gondangdia. saat saya lepas helm dan turun dari motor, tiba” kerumunan driver gojek yang lagi nunggu penumpang di sana menepuki saya. “hebat pak!”, “keren!”, dan lain” lagi. mungkin karena jarang” ada penumpang yang malah nyetir gojeknya.

yah yang ada di pikiran saya kala itu gimana cepet sampe ke rumah aja sih. dapat atensi dari driver gojek mah cuman bonus. ada” aja drama saat ayah sama kamu, nduk…

signature5be279cb59a5b

kondangan with shafiyyah

tiga atau empat bulan yang lalu, teman kuliah saya akhirnya mengakhiri masa lajangnya. sebagai salah satu teman sekelasnya, tentu saja saya diundang (dih ge er!). acaranya hari sabtu. di aula serba guna kementerian sosial di matraman, jakarta.

whatsapp-image-2018-01-08-at-13-12-27
gedung serbaguna kementerian sosial | sumber gambar dari google images

istri saya sudah memberikan izin bagi saya untuk datang ke acara tersebut. namun, ia tidak bisa menemani karena baru saja melahirkan faakhitah.

tahun 2016, ketika hanzhalah baru saja lahir, saya pernah datang ke acara kondangan sendirian. rasanya awkward banget. sudah berkeluarga tapi datang tanpa bersama istri dan anak. well, saya tidak mau mengulangi kesalahan yang sama. mengingat shafiyyah sudah cukup besar (ya walaupun dari umur, masih kecil juga sih. wong baru 4 tahun), saya pun mengajak dia ke jakarta.

namanya juga anak kecil. setiap diajak bapaknya, ke manapun tujuannya, pasti dianggapnya jalan”. dia senang sekali dan gak sabar menunggu datangnya hari sabtu. selama seminggu dia terus bertanya, “kapan ayah kita ke jakartanya? shofi udah gak sabar nih”. diulang” terus sampe saya bosen.

hari h pun datang. istri saya mendandani anak saya dengan pakaian secantik mungkin. lah saya aja cuman pake kemeja kantor doang. ini malah anaknya yang heboh. mengingat saya bepergian dengan anak kecil, saya juga sudah membawa perbekalan seperti susu, snack, dan lain”. kesemuanya ditaruh di tas punggung saya yang kecil. wah gak keliatan banget lah kalo mau kondangan. malah keliatan kayak momong anak kecil. hehehe

mengingat acaranya jam 11 siang, kami naik krl jam setengah 10. alhamdulillah kereta hari itu gak padat” banget. keberadaan shafiyyah bersama saya membuat saya memiliki hak lebih besar untuk dapat tempat duduk. sesampainya di manggarai, kamipun turun untuk berganti moda transportasi. dari manggarai kami naik grab ride ke lokasi acara. oh ya, tak lupa sepanjang perjananan saya bertanya terus apa dia mau pipis atau tidak. takutnya ditahan” sama dia. kan bisa berabe kalo saya harus pontang-panting nyari kamar mandi ya.

setibanya di lokasi, saya ajak dia mencicipi segala macam makanan di sana. terimakasih tyo sudah menyajikan berbagai macam buffet. kami kenyanggg! enak juga bawa anak kecil. rasa”nya saya sendiri aja di sana yang gak bawa istri tapi bawa anak. kondangan rasa momong. hehehe

sekitar setengah jam kemudian, setelah makan dan bersalaman dengan pengantin, kami pun pulang. naik grab ride ke manggarai. awalnya sempet mau naik grab car karena suasananya gerimis. tapi karena gak ada yang mau ambil order saya, kamipun nekat naik grab ride. anak saya tentu seneng” aja. kapan lagi main ujan”an sama bapaknya (kalo kamu pilek, ayah yang dimarahi ibumu, nduk)

sesampainya di manggarai, saya shalat dhuhur ditemani shafiyyah di samping saya. inilah enaknya punya anak perempuan. anteng. nurut. saya gak ngebayangin kalo bawa si hanzhalah. bisa lari dia ke mana”.

kapan” ayah bawa kamu kondangan lagi ya, nduk….

signature5be279cb59a5b

wrong motorcycle

masih lanjut dengan postingan sebelumnya (a year after) yaa

sebagai orang yang tinggal dekat jalan raya bogor, saya sering lihat banyak sekali buruh” pabrik dengan 1 anak memakai motor gede seperti r15 lah, cb150r lah, vixion lah. ya sebenarnya bertanya” juga dalam hati kok bisa ya mereka beli motor gede gini. apa gaji mereka cukup? hehehe

terus terang, dulu saya membeli cb150r itu sebagai nostalgia pengalaman naik motor di takengon aja. pas saya bertugas di kppn takengon dulu, pegawai dipersilakan memakai 2 motor dinas yang ada. saat itu motor dinas yang kami punya adalah honda win dan honda mega pro. jadilah, kami sering memakai dua motor tersebut kalo ada keperluan ke kota. ganti”an dengan pegawai lain tentu saja. iya saya tau itu salah. yang namanya motor dinas ya harusnya dipakai untuk keperluan dinas dan bukan untuk yang lain. tapi, itu gak usah kita bahas lah ya

sedikit flashback, saya sudah diperbolehkan naik motor oleh bapak saya semenjak saya smp. dari honda astrea legenda, kharisma, sampe supra x, semuanya sudah saya coba dan saya bawa ke sekolah (note: bapak saya hobinya gonta-ganti motor). nah, pas ditugaskan ke takengon, sebagai orang yang dibesarkan dengan motor bebek, saya merasakan gagap budaya dengan motor kopling. karena gak ada pilihan motor lain tentu saja saya kudu belajar. diwarnai dengan sering mati mesin karena gak pas saat pindah kopling. dan ternyata, naik motor kopling itu sensasinya wuenakkkkkkkkk~~~~

saya terus kepikiran pengen punya motor laki saat saya sudah balik ke jakarta. jadilah di tahun 2016, saat mendapatkan bonus tahunan, saya pakai uang tersebut buat beli cb150r. awalnya sih seneng ke mana” naik itu. akselerasinya mantap. ngebutnya kenceng. apalagi istri saya. dia merasa lebih “tinggi” (dudukannya dibandingkan dengan revo).

masalah mulai muncul saat istri saya hamil dan melahirkan anak kedua kami. saya baru nyadar bahwa motor laki itu hanya bisa dipakai oleh 1 orang dan paling banter 2 orang. dipakai 3 aatu 4 orang? ya siap” aja sengsara. dalam hal ini yang paling banyak berkorban ya anak saya yang pertama.

Daftar-Motor-Sport-Terbaru-dan-Terlaris-Di-Indonesia
bisa bayangin gak? jok motor yang hanya muat 2 orang dipake oleh 3 orang ditambah tas dan lain”? | sumber gambar dari google images

sering saat kami melakukan perjalanan jauh, dia harus duduk di depan dengan tangan menopang tubuhnya yang mungil dan ditaruh di dekat tangki bensin. karena posisinya yang langsung berhadapan dengan angin, mau setebel apapun jaket yang dia pake, ya gak butuh waktu lama buat dia terkantuk”. akhirnya mau gak mau, ya saya iket dia ke badan saya biar gak jatuh ke depan atau biar kepalanya gak kepentok setir.

pernah waktu kami dengan nekatnya melakukan perjalanan dari bogor ke slipi naek motor, saat pulangnya kami terjebak macet. saat macet itu, shafiyyah tiba” nangis kenceng. rupanya siang yang panas dikombo dengan macetnya jakarta sukses membuat tangki bensin saya meningkat suhunya. duh, mau nulis kisah selanjutnya aja saya jadi gak tega.

jadi gini ya, kalo boleh saya nasehatin kalian para buruh yang sudah berkeluarga dan masih keukeuh pake motor laki…. mending dijual aja deh motor kalian. sudah perawatannya gede dan anak dan istri kalian yang harus berkorban lebih besar, esensi yang didapat hanya gegayaan aja. ganti aja dengan motor matic yang 150 cc deh. bisa muat 4 orang dengan ditambah kursi di depan….

semoga kalian tidak mengulangi kesalahan saya di masa lalu ya…

signature5be279cb59a5b

a year after

januari 2018 adalah bulan di mana motor saya, cb150r, hilang dicuri maling di beranda rumah dengan waktu kejadian antara pukul 3-4 dini hari…

saya masih inget betul, malam sebelum hilang, istri saya minta diajak muter” bogor. jadilah waktu itu kami berempat (seperti biasa) umpel”an di atas motor, keliling bogor malem”. seperti biasa kondisi malam minggu di kota bogor ramai dan aman terkendali. kami sempat melewati lapangan sempur. di sana masih semarak pemuda-pemudi menghabiskan malam. lalu kami juga melewati jalan pandu raya. sekedar melintasi restoran” di sana yang masih melayani banyak pengunjung. setelah sekitar sejam jalan santai dan anak” mulai menunjukkan tanda” mengantuk, kami lalu menuju ke rumah….

saya masih inget betul, malam itu kami tidurnya nyenyak sekali. seperti disirep. jangankan kami. tetangga depan rumah yang cepat sekali bangun kalo ada yang berisik di jalan depan rumah kami aja sama sekali gak keganggu. bisa dibilang, malingnya emang profesional banget sih. lha wong ternyata di kampung sebelah, seminggu sebelum motor kami dicuri, ternyata ada juga motor lain yang disikat. spesifikasinya hampir sama. motor laki dengan cc 150 sampe 250. duh, kampung kami emang lagi ditarget….

Visor-Resmi-New-CB150R-StreetFire-5
all new cb150r. duh kok kangen ya ngebut sama kamu…. | sumber gambar dari google images

saya masih inget betul, saat mau berangkat shalat shubuh ke masjid, ada hentakan keras dalam dada dan di kepala saat mengetahui motor saya raib. rasanya mau pingsan saja. istri saya? lebih dramatis lagi. teriak” dan nangis” begitu motor kami sudah gak ada. sempat linglung juga saya saat itu. pas istri saya bilang, “cari mas! mungkin malingnya masih gak jauh!”, saya pun dengan gesit ambil kunci motor revo dan wuss lari ke jalanan. saat lagi semangat”nya nguber maling, baru saya bingung. lah ini kudu ngejar ke mana. sedangkan alternatif kaburnya ada banyak banget….

setahun berlalu sejak motor saya hilang. dan kami semua menarik pelajaran darinya…

saya belajar ikhlas dan melepaskan apa yang saya (maksudnya barang yang mihilll menurut kami) punya….

saya dan tetangga saya belajar untuk lebih mengamankan komplek. sebulan semenjak kejadian tersebut, kami membeli gerbang masuk gang yang lebih kokoh lagi…

tapi ada satu pelajaran besar yang bisa dipetik. ternyata lapor dan gak lapor ke polisi, hasilnya sama aja. motor saya tetep nihil. maaf yaa korps kepolisian…

apapun keadaanmu, cibi (panggilan saya kepada cb150r saya yang hilang itu), karena kuyakin kamu sudah berada di sumatera sana dan sudah dipreteli, kami sudah ikhlas melepaskanmu….

signature5be279cb59a5b

respect your teacher; teach your own kid(s)

anak merupakan amanah. pendidikan bagi anak itu ya tanggung jawab orangtuanya. guru di sekolah hanya membantu kita untuk mengajarkan mereka tentang ilmu” yang harus mereka pelajari.

di sisi lain, jamak kita dapati banyak sekali oknum siswa yang tidak menghormati gurunya. ada yang dikata”in di grup whatsapp lah sampe ada yang ngata”in secara verbal. ya Allah, tak tahukah kalian karena berkat perantara mereka lah kalian jadi pinter? pantas sekali guru disebut pahlawan tanpa tanda jasa. lha wong mereka sudah berusaha melawan ego untuk mendidik anak orang menjadi pinter. ditambah dengan gaji yang gak seberapa besar lagi (terutama bagi guru honorer)…

NVJ4Q1I7K0
barangsiapa tidak merasakan susahnya belajar, maka akan menikmati pahitnya kebodohan | sumber gambar dari web stocksnap

nah, sebagai #solusiRabu kali ini, saya sebagai orangtua 3 anak, mengajak pembaca semua untuk sekali” dapat merasakan betapa beratnya tugas guru. setidaknya dalam seminggu maksimal 2 jam saja, ajarkanlah anak” kalian baca, tulis, atau apapun yang mereka pelajari di sekolah. singkirkan semua gadgetmu. singkirkan semua egomu. sisihkanlah waktu kalian untuk menemani anak kalian belajar. niscaya, kalian akan mereguk nilai” kebijaksanaan sebagai seorang pendidik.

saya sudah mencoba mengajarkan anak saya yang sulung mengenal huruf hijaiyah (sesuai dengan yang dia pelajari di tk) dan itu sulit bangettttt. kalo di rumah dia bawaannya main aja. mana saya orangnya gak sabaran lagi. ya Allah, sungguh berat memang tugas seorang pendidik.
yuk kita coba!
signature5be279cb59a5b

tanjung pesona beach

saat masih berkuliah di stan jakarta medio 2009, saya memiliki seorang sahabat yang berasal dari pangkalpinang. suatu waktu liburan panjang tiba dan saya stuck di jakarta. tak dinyana dan tak disangka, tetangga saya yang di surabaya sekarang pindah dinas ke pangkalpinang. karena kami bertetangga dengan baik, mereka meminta saya untuk datang ke pangkalpinang. satu yang jadi masalah. masak saya datang ke sana sendirian? ndilalah, sahabat stan saya itu juga berencana pulang kampung. jadilah saya ditemani dia melakukan perjalanan pertama kali dengan pesawat keluar pulau jawa.

selama seminggu saya di sana, banyak tempat yang saya kunjungi. pantai pasir panjang di pangkalpinang sampe mercusuar tua di muntok. termasuk pantai” bangka yang legendaris itu! pantai parai! ah menyenangkan sekali berlibur di pulau bangka….

10 tahun kemudian, saya berkesempatan untuk melakukan perjalanan dinas ke pangkalpinang kembali. kali ini, tuan rumah berbaik hati mengajak kami ke pantai lagi. (yha karena bangka ini kan gak punya wisata gunung mz~~).

awalnya saya mengira ini pantai parai. soalnya batu”nya terlihat mirip banget. dus, saya ngiranya pantai yang kek di film laskar pelangi di pangkalpinang itu ya cuman pantai parai. yang saya gak tahu adalah ternyata ada lagi yang namanya pantai tanjung pesona. lokasinya juga gak jauh dari pantai parai.

sama seperti pantai parai, pantai tanjung pesona ini letaknya ada di dalam resort. jadi untuk bisa menikmati pantai ini ya harus jadi pengunjung hotel. untung saja, host kami sudah punya hubungan cukup dekat dengan pengelola hotel ini. jadi ya kami diizinkan masuk.

secara garis besar, pantai tanjung pesona ini sama cantiknya dengan pantai parai. mungkin karena dikelola oleh swasta kali ya. pengelola resort melengkapi pantai ini dengan beberapa gazebo yang viewnya langsung menghadap ke laut. enak banget. minum air kelapa muda sembari merasakan angin sepoi” bertiup dari laut cina selatan.

IMG_20181129_152500
kenapa batu besar” dan cantik ini hanya ada di pantai di bangka dan belitung ya | sumber gambar dari kamera hape saya sendiri

saya sih kalo bisa ke sini lagi, pengennya ngajak istri saya ya. kasihan. sudah terlalu lama dia tidak melihat pantai yang cakep kek gini…

IMG_20181129_152702
keindahan pantai tanjung pesona tampak samping | sumber gambar dari kamera hape saya sendiri

apakah pantai tanjung pesona ini recommended untuk dikunjungi? TENTU SAJA PAKE BANGET! wahai penduduk pangkalpinang, tetep jaga kelestarian laut dan pantai kalian ya. jadi keindahan pantai tanjung pesona ini bisa tetap abadi…
signature5be279cb59a5b

safari trek taman safari indonesia: a short review

setelah bermalam di jimmers mountain resort (baca post sebelumnya: jimmers mountain resort: a short review), hari jumatnya kami pergi ke taman safari indonesia. kali ini bukan untuk melihat binatang, tetapi menjajal safari treknya. saya kurang paham kenapa harus safari trek. sepertinya panitia ingin peserta merasakan serunya menjelajah alam taman safari bersama” dengan rekan sejawat. yaa biar makin kompak lah ya. namanya juga capacity building.

A SHORT REVIEW
no caption needed lah ya | sumber gambar dari canva

saya juga awalnya merasakan hype yang luar biasa dengan safari trek ini. bayangan saya saat itu adalah saat safari trek nanti kita juga akan bisa melihat koleksi binatang taman safari yang eksotis selagi merasakan kontur alam gunung gede pangrango dengan berjalan kaki. wow terasa keren sekali!

tetapi bayangan tidak sesuai realita….

saat kita akan memasuki wahana safari trek, pihak guide dari taman safari bilang kita akan menempuh jarak 4,5 km menembus hutan di samping taman safari. dan yah cuman itu aja memang. kita cuman masuk hutan. menyusuri trek sempit naik turun sepanjang 4,5 km. ada sih pos peristirahat setelah menempuh perjalanan 2 km. tapi ya cuman itu doang. cuman duduk doang, lalu lanjut jalan lagi. setelah melewati beberapa titik yang ada sungai buatannya (kalo sayang dengan sepatu karena harganya mahal atau apalah, mending tetep dipake deh. soalnya banyak pacetnya), beberapa trek jalan lurus yang becek, dan beberapa pohon yang emang sengaja digulingin supaya kita harus merunduk banget, sampailah kita di titik akhir.

lah gitu doang?

emang! kita cuman masuk hutan doang. namanya aja safari trek. tapi kagak ada binatang yang kita lihat. ya Allah bayar mahal kok cuman gini doang. ini mah sama aja kek masuk kebon tapi bonus udaranya yang seger.

kalo kamu menghabiskan masa kecilmu dengan sering keluar masuk kebon, maka mending jangan ikutan masuk safari trek deh. rugi banget. nah kalo kamu emang orang kaya yang gak pernah merasakan kotornya tanah dan pengen ngerasain digigit pacet, wahana safari trek ini cocok banget buat kalian. wkwkwk

yha untung aja di akhir perjalanan ada flying foxnya, mz~~
signature5be279cb59a5b